Skip to main content

Cara beriklan di instagram

Cara beriklan di instagram - Saat ini, iklan Instagram memungkinkan bisnis menjangkau lebih dari 1 miliar orang setiap bulan. Ini adalah alasan yang bagus bagi Anda untuk mempertimbangkan beriklan di Instagram untuk mengembangkan bisnis Anda.


Instagram secara luas dianggap sebagai situs media sosial paling populer untuk pemasaran dan periklanan oleh merek. Hampir setiap merek menikmati daya tarik yang cukup besar di Instagram, dan jutaan konsumen yang terlibat berinteraksi secara teratur dengan merek-merek ini.


Lihat infografis SocialPilot di bawah ini untuk memahami bagaimana Instagram adalah platform pemasaran yang berkembang pesat.


Sekarang, dengan dasar-dasar yang diurutkan, mari kita selami lebih dalam dunia iklan Instagram yang sangat menguntungkan. Anda akan mempelajari semuanya di sini, mulai dari jenis opsi iklan Instagram yang tersedia hingga panduan langkah demi langkah dalam membuat dan mengelola iklan semacam itu. Teruslah membaca.


Apa itu Iklan Instagram?

Iklan Instagram adalah Cerita atau kiriman yang dibayar perusahaan untuk beriklan di feed pengguna Instagram. Mereka dapat muncul sebagai pembaruan Instagram biasa, tetapi sebagian besar diberi label "Bersponsor" (lebih lanjut tentang ini nanti)


Terlepas dari banyak motivasi bagi perusahaan atau individu untuk beriklan di platform, iklan Instagram umumnya digunakan untuk:


meningkatkan kesadaran merek

menghasilkan lalu lintas yang lebih besar

membuat prospek baru

mentransfer prospek yang ada ke corong penjualan, idealnya untuk konversi menjadi pelanggan setia

Mereka juga dapat menyertakan tombol ajakan bertindak (CTA) untuk meningkatkan konversi atau lalu lintas ke situs web bisnis resmi.


Karena Instagram adalah situs yang sangat visual, iklan dengan banyak teks tidak berfungsi di sini. Untuk mengakses audiens target Anda dengan iklan di Instagram, Anda memerlukan gambar yang menarik, rangkaian gambar, atau video (yang dapat menggabungkan beberapa teks dengan huruf tebal).


Untuk wawasan lebih lanjut tentang iklan Instagram, lihat infografis SocialPilot di bawah ini:


Berapa Biaya Iklan Instagram?

Pertanyaan tentang berapa biaya iklan Instagram sulit untuk dijawab.


Beberapa faktor menentukan biaya untuk menjalankan iklan Instagram, yang seperti yang sudah Anda duga, tidak diungkapkan oleh Instagram karena alasan kerahasiaan.


Namun, secara umum, model iklan Instagram didasarkan pada harga BPK (biaya per klik) dan CPM (biaya per tayangan), dihitung dengan lelang iklan Instagram.


Iklan Instagram dapat berharga rata-rata antara $0,20 dan $6,70, bergantung pada model penawaran. Pengiklan sering kali harus membayar $0,20 hingga $2 per klik untuk BPK (biaya per klik). Sementara untuk CPM, mereka dapat dengan mudah membelanjakan hingga $6,70 per 1000 impresi atau biaya per tayangan.


Singkatnya, tarif biaya per klik iklan Instagram lebih murah daripada tarif biaya per tayangannya. Informasi ini sangat penting bagi pengiklan, terutama jika mereka baru memulai.


Sekarang, mari kita bahas berbagai model iklan Instagram dan apa yang paling cocok untuk bisnis Anda.


Gambaran umum model iklan Instagram biasa

Model iklan Instagram bekerja dengan cara yang sama seperti iklan Facebook. Penargetan Instagram didasarkan pada wilayah, demografi, preferensi, sikap, komunitas yang mirip, dan penargetan prediktif (persis seperti yang dilakukan Facebook).


Di sisi lain, Anda juga dapat menggunakan grup Pemirsa Khusus yang telah ditentukan sebelumnya untuk menargetkan individu secara massal. Pemirsa Khusus adalah komunitas yang telah berinteraksi dengan bisnis Anda. Interaksi tersebut dapat meliputi:


Memeriksa halaman atau situs bisnis Anda,

Berinteraksi dengan pesan Facebook Anda,

Menggunakan aplikasi smartphone perusahaan Anda, atau memberikan informasi kontak mereka kepada Anda untuk menerima komunikasi perusahaan Anda.

Membuat Iklan Instagram dari awal

Bagian ini dan seterusnya akan membahas pertanyaan kuno pengiklan, "bagaimana cara melakukan iklan Instagram?" Di sini, kami akan memandu Anda melalui proses pembuatan iklan Instagram pertama Anda, selangkah demi selangkah. Jadi, baca dengan cermat dan pastikan Anda tidak melewatkan detail apa pun.


Langkah 1: Menautkan halaman Facebook Anda ke akun Instagram Anda

Ini adalah proses satu langkah. Buka opsi "Pengaturan" halaman Facebook Anda, dan dari daftar opsi, pilih "Instagram".


Dari sana, klik "Hubungkan Akun" dan "Lanjutkan" dari kotak pop-up yang muncul di layar. Terakhir, isi kredensial login Instagram Anda untuk menyelesaikan prosesnya.


Langkah 2: Buat kampanye iklan pertama Anda di Instagram

Setelah Anda menghubungkan halaman Facebook Anda ke akun Instagram Anda, buka Pengelola Iklan Facebook dan mulailah membuat kampanye pertama Anda. Anda dapat mengakses Pengelola Iklan hanya ketika Anda masuk ke akun Anda melalui halaman bisnis Facebook Anda.


Sebagai alternatif, Anda juga dapat memulai proses ini dengan Pengelola Iklan Instagram, selama akun Instagram dan halaman Facebook Anda ditautkan.


Anda juga dapat membuat iklan Instagram menggunakan Power Editor jika Anda lebih mengenalnya. Sebagian besar langkah ini akan dikenali oleh Anda jika Anda telah membuat iklan untuk kampanye Facebook apa pun sebelumnya.


Tetapi bagi Anda yang baru mengenal semua ini, mari kita mulai!


Pertama, klik tab “Kampanye” di Pengelola Iklan, lalu klik tombol “+ Buat” di bagian kiri atas layar.


Sekarang, Anda harus memilih tujuan kampanye Anda. Namun perlu diingat bahwa semua tujuan tidak berfungsi untuk setiap iklan Instagram, terutama iklan cerita Instagram. Demi panduan ini, kami telah memilih "Konversi" sebagai tujuan kampanye.


Klik "Lanjutkan". Anda akan berakhir dengan sesuatu seperti ini:


Langkah 3: Membuat set Iklan

Dari bagian ini dan seterusnya, Anda akan mempelajari cara menjalankan iklan Instagram.


Setelah langkah sebelumnya, buka tab "Set iklan baru". Ini akan terlihat seperti ini:


Sekarang, mulailah memilih parameter kampanye iklan Anda, bergantung pada anggaran, preferensi audiens, dan konversi Anda.


Anda juga dapat mengoptimalkan penayangan iklan Anda, di mana anggaran Anda akan menentukan tampilan halaman arahan Anda.


Anda juga dapat memilih lokasi konversi, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan alat analitik Facebook yang disebut "Pixel" untuk melacak kinerja konversi Anda.


Anda juga dapat memilih untuk memberikan “Penawaran”, yang dikenal sebagai penghasil lalu lintas yang substansial.


Sekarang, untuk bagian yang paling penting.


Tentukan demografi audiens yang ingin Anda targetkan. Pada titik ini, sepenuhnya terserah Anda untuk memutuskan siapa sebenarnya yang harus melihat iklan Anda dan berapa banyak yang bersedia Anda keluarkan untuk menargetkan pemirsa ideal Anda.


Opsi penargetan untuk iklan Instagram sama seperti untuk iklan Facebook.


Anda dapat mempersingkat langkah ini dengan memilih Pemirsa Khusus jika Anda sudah membuatnya. Dengan begitu, Anda tidak perlu merenungkan setiap parameter audiens sambil membangun audiens target Anda.


Sekarang, pilih penempatan iklan Anda. Di sini, Anda akan menemukan opsi untuk menjalankan kampanye iklan Anda di Instagram, IGTV, Facebook, dan Messenger.


Penempatan manual dapat membuat Anda dimanja oleh pilihan, seperti yang ditunjukkan oleh gambar di bawah:


Meskipun menargetkan semua lokasi penempatan yang tersedia (atau setidaknya sebanyak mungkin) mungkin tampak menggiurkan, sebaiknya Anda memulai dari yang rendah.


Merencanakan kampanye iklan memerlukan pemantauan dan evaluasi yang konstan. Anda selalu dapat mengubah pilihan dan anggaran Anda nanti untuk meningkatkan atau meningkatkan hasil kampanye Anda.


Selain itu, karena kami berfokus pada pembuatan dan penyiaran iklan Instagram di bagian ini, Anda dapat dengan mudah membatalkan pilihan semua opsi Facebook dan Messenger. Kecuali, tentu saja, Anda juga ingin beriklan di platform ini.


Tapi ingat, kami sudah memperingatkan Anda. Jangan pernah menaruh semua telur Anda dalam satu keranjang; tunggu mereka menetas dulu.


Terakhir, periksa kembali anggaran dan jadwal Anda dan klik "Berikutnya". Anda sekarang akan masuk ke halaman "Iklan Baru". Dari sini, langkah terakhir Anda dari proses akan dimulai.


Langkah 4: Siapkan iklan Instagram Anda

Bagian ini lebih berkaitan dengan tata letak kreatif iklan Anda daripada aspek teknisnya.


Di sini, di langkah ini, Anda akan belajar memformat iklan Anda sebelum memublikasikannya di beberapa saluran penempatan yang Anda pilih di tindakan sebelumnya.


Selanjutnya, Anda dapat memilih dari templat yang sudah tersedia untuk format apa pun yang Anda pilih; seperti yang ditunjukkan di bawah ini:


Terakhir, lengkapi desain iklan Anda dengan menambahkan gambar, video, dan teks khusus. Anda bahkan dapat melampirkan judul untuk iklan Anda. Namun, Anda harus memastikan bahwa itu kurang dari 40 karakter, jangan sampai Anda berisiko judul Anda terpotong selama penerbitan.


Kemajuan dan perubahan Anda disimpan di sepanjang jalan, secara otomatis.


Anda dapat mengakses bagian “Pratinjau” di bagian kanan layar untuk memeriksa tampilan iklan Anda segera setelah dipublikasikan di semua penempatan pilihan Anda.


Setelah yakin dengan penyiapan iklan Anda, baca Ketentuan Layanan Facebook secara menyeluruh.


Terakhir, tekan "Terbitkan" setelah Anda benar-benar yakin bahwa semuanya terlihat baik-baik saja.


Tetapi kami menyarankan Anda meninjau pengaturan Anda untuk terakhir kali sebelum mengklik tombol "Publikasikan". Ini akan memberi Anda kesempatan untuk membuat beberapa perubahan di menit-menit terakhir, jika ada, atau menghapus beberapa kesalahan linglung (yang dapat terjadi dengan yang terbaik dari kami.)


Sekarang, tunggu dan saksikan iklan Anda menampilkan keajaibannya. Sementara itu, ada satu langkah aksi pamungkas yang masih menunggu Anda.


Langkah 5: Memantau dan mengoptimalkan kinerja iklan Instagram Anda

Iklan Instagram pertama semua orang sering kali merupakan yang paling sulit dikelola. Jika Anda sudah menguasai yang pertama, yang kedua akan jauh lebih mulus untuk ditangani.


Tetapi bahkan setelah meluncurkan kampanye iklan Anda di Instagram – baik pertama, kedua, atau terakhir – pekerjaan Anda masih jauh dari selesai. Segera setelah aktif dan berjalan, Anda pasti ingin melacak keberhasilannya dan bereksperimen dengan opsi pemasaran, materi iklan, dan penargetan yang berbeda untuk menemukan kombinasi yang paling ampuh dari ketiganya.


Anda dapat memperbarui kriteria iklan Instagram Anda di Pengelola Iklan untuk menyertakan pemeriksaan terpisah, menyesuaikan variabel penargetan, dan meninjau analitik keberhasilan iklan Anda.


Untuk melihat metrik Kampanye Iklan Instagram Anda, pilih nama kampanye yang diinginkan di Pengelola Iklan Anda dan klik "Lihat Bagan". Dari sana, Anda dapat melihat dan menganalisis wawasan dari kampanye yang aktif berjalan.


Setelah Anda selesai dengan proses penyiapan, mari kita lihat jenis iklan yang dapat Anda buat agar sesuai dengan tujuan bisnis Anda.


Jenis iklan Instagram yang berbeda dengan praktik terbaik

Instagram menghadirkan peluang ideal untuk merek yang baru muncul dan mapan. Mereka dapat menggunakan alat yang berbeda dari platform ini untuk menghasilkan iklan yang dibuat dengan baik dan memukau (seperti yang telah kita bahas sejauh ini.)


Karena itu, mari kita lihat beberapa contoh iklan Instagram paling populer.


1. Iklan cerita

Kriteria Teknis Iklan Cerita Video


Resolusi Video Minimum: 1080 x 1920 piksel

Ukuran file maksimum: 4GB

Rasio Video Maksimum: 9:16

Teks Video: tidak tersedia

Durasi Video Maksimum: 15 detik

Kriteria Teknis untuk Iklan Cerita Gambar


Lebar Gambar Minimum: 600 piksel

Rasio Gambar yang Direkomendasikan: 9:16

Hampir 86,6% pengguna Instagram setiap hari memposting cerita setidaknya 2-3 kali per minggu. Ada juga sejumlah besar yang memposting cerita setiap hari, sehingga menyiratkan bahwa cerita menarik lalu lintas yang besar.


Akibatnya, iklan Stories memerlukan beberapa penargetan dan pemosisian produk yang cerdik.


Instagram Stories Ads adalah alat pemasaran tangguh yang memberi bisnis akses ke lebih dari 500 juta pengguna setiap hari. Merek di Instagram merupakan sepertiga dari Cerita yang paling banyak ditonton, dan 60% orang menjelajahi item baru di seluruh platform.


Bagaimana tidak melakukan iklan cerita Instagram


Ketika ukuran iklan Instagram Anda untuk cerita tidak sesuai dengan dimensi yang disarankan, beginilah akhirnya tampilannya.


Selain itu, iklan ini ditempatkan secara otomatis, bukan dirancang secara eksplisit untuk ditampilkan di cerita. Anda dapat mengetahuinya dengan kurangnya salinan iklan, ajakan bertindak, dan penekanan yang hilang pada nama merek.


Contoh iklan cerita video Instagram


Iklan iDeal berfungsi sebagai contoh bagus dari iklan cerita video Instagram yang dapat dibagi menjadi beberapa bagian untuk mempertahankan esensi pesan. Dengan demikian, Anda tidak perlu membuat iklan terlalu panjang, karena membaginya menjadi cerita yang berbeda juga akan berhasil.


Iklan Netflix, di sisi lain, menonjolkan seluruh logo Netflix. Sederhana namun efisien, taktik ini dapat membantu perusahaan mendorong pengenalan dan kesadaran merek.


Umpan Iklan Video

Kriteria Teknis


Resolusi Video Minimum : 1080 x 1080 piksel

Rasio Video Minimum – 4:5

Rasio Video Maksimum – 16:9

Ukuran file maksimum: 4GB

Teks Video: opsional

Durasi Video Maksimum: 60 detik

Rasio Gambar Minimum- 4: 5

Rasio Gambar Maksimum - 16: 9

Panjang Teks Maksimum yang Direkomendasikan: 125 karakter

Nomor Hashtag Maksimum: 30 (*Anda dapat menambahkan lebih banyak tagar di komentar)

Meskipun pada awalnya adopsinya biasa-biasa saja, iklan video Instagram sekarang merupakan bagian yang signifikan dari semua iklan di platform ini.


Iklan video ini dapat berdurasi paling lama satu menit, memungkinkan Anda untuk memungkinkan pengguna melihat lebih dekat merek, perusahaan, layanan, atau produk Anda. Di sisi lain, video yang lebih pendek juga bisa lebih efisien, terutama jika branding digunakan tepat di beberapa detik pertama iklan.


Berdurasi hampir 15 detik, iklan video dari Sephora ini memiliki semua fitur iklan untuk menarik pemirsa muda Instagram. Teks yang dapat diabaikan, musik latar yang menarik, dan penekanan yang diperbesar pada produk membuatnya sangat impresionistik.


Banyak merek pakaian olahraga, kebugaran, dan kosmetik merupakan bisnis B2C dengan banyak pelanggan Milenial dan Gen Z. Adidas, Nike, dan Sephora adalah beberapa label yang sangat populer di iklan IGTV. Bisnis ini mengintegrasikan mikro-influencer (mereka yang memiliki 10.000–50.000 pengikut) ke dalam konten iklan video IGTV mereka.


Iklan korsel

Persyaratan Teknis


Jenis file: png atau jpg

Ukuran file maksimum: 30MB

Lebar Gambar Minimum: 600 piksel

Rasio Gambar Minimum – minimum 4:5,

Rasio Gambar Maksimum – 16:9

Panjang teks maksimum : 2.200 (*Instagram merekomendasikan penggunaan teks di bawah 90 karakter untuk hasil optimal)

Durasi Video Maksimal : 60 detik

Nomor Hashtag Maksimum: 30 (*tagihan tambahan dapat ditambahkan di komentar)

Tata letak korsel memungkinkan Anda menampilkan dua atau lebih foto, video, tajuk berita, ajakan bertindak, atau tautan dalam satu iklan. Menggesekkan perangkat genggam atau mengeklik panah di layar PC dapat digunakan untuk menavigasi korsel hingga akhir.


Anda dapat mengedit hingga sepuluh gambar dan video secara terpisah atau dengan satu filter saat menyiapkan carousel Anda. Anda juga dapat memilih urutan gambar/video ditampilkan dan menandai orang lain juga.


Peringatan utama: Saat menggunakan korsel Instagram, hanya satu posisi yang perlu diberi tag, dan suka serta komentar diterapkan ke seluruh pos, bukan ke setiap bingkai.


Pemanfaatan iklan carousel Adidas berfungsi sebagai studi kasus yang patut dicontoh. Adidas dengan cemerlang menyampaikan integrasi teknologi canggih dalam proses pembuatan sepatunya melalui kemitraannya dengan Kram/Weisshaar untuk teknologi inovatif pertama di jenisnya. Terlebih lagi, itu mengarahkan pembaca ke situs webnya untuk mengetahui lebih banyak tentang prosesnya.


Dengan demikian, ini mencakup semua elemen iklan carousel yang brilian di Instagram.


Iklan Bersponsor

Ingat bagaimana sebelumnya di blog ini, kami telah berbicara tentang umpan Instagram yang menampilkan iklan dengan label "Bersponsor" di bagian atas? Ini umumnya dikenal sebagai iklan yang disponsori Instagram.


Iklan bersponsor serupa dengan format iklan gambar atau video lainnya yang dibahas di atas, memiliki persyaratan teknis yang sama. Kemunculannya di feed dengan label "Bersponsor" membuatnya dapat dibedakan sebagai iklan dibandingkan dengan postingan biasa.


Mari pertimbangkan tata letak iklan Buku Obrolan untuk memahami konsep iklan bersponsor Instagram dengan lebih baik.


Buku obrolan memulai iklan dengan pengantar yang menarik perhatian, yaitu menawarkan buku gratis kepada pembacanya – harganya disebutkan di keterangan sebelah. Terakhir, mereka juga menambahkan kupon untuk buku gratis yang dijanjikan pada gambar. Terlebih lagi, ada teks minimal dalam huruf tebal. All-in-all menawarkan semua elemen yang menarik perhatian dari setiap iklan yang siap untuk sukses.


Kiat tambahan untuk membuat iklan Instagram yang memukau

Sekarang mari kita kumpulkan pengetahuan kita tentang pembuatan iklan di Instagram dengan beberapa strategi terbaik tambahan.


Sebutkan USP produk di iklan atau keterangan – Beri tahu pemirsa Anda apa yang membuat produk berbeda dari produk lain di ceruk yang sama dan mengapa mereka perlu membelinya.

Tandai mitra bisnis atau rekan Anda di kiriman — Sehingga mereka dapat mengomentarinya atau membagikan kiriman di timeline mereka untuk dilihat pengikut mereka, sehingga meningkatkan visibilitas kiriman Anda.

Akhiri keterangan Anda dengan CTA — Setelah menjelaskan produk atau layanan yang diiklankan dalam keterangan Anda secara singkat, akhiri dengan tautan ke halaman resminya di situs web Anda sehingga pemirsa Anda dapat mempelajarinya lebih lanjut. Dengan cara ini, Anda dapat meningkatkan minat dan keingintahuan lebih lanjut di antara pengikut Anda tentang penawaran Anda.

Atur kontes dan hadiah – Menyediakan produk gratis adalah cara yang bagus untuk menarik pelanggan baru ke bisnis Anda (atau setidaknya, pengikut baru ke halaman Instagram Anda.) Namun, perhatikan anggaran Anda saat mengatur hadiah secara rutin.

Buat desain yang indah – Dengan pengetahuan umum yang memudarnya perhatian pemirsa, iklan Anda harus semenarik mungkin. Kami telah menyebutkan penggunaan teks yang minimal, skor latar belakang yang menakjubkan, dan palet warna sebagai komponen penting dari iklan Instagram yang bagus. Carilah bantuan seorang profesional jika Anda kesulitan merancang iklan Anda.

Gunakan kupon – Anda juga dapat menggunakan kode kupon unik untuk penawaran bisnis Anda sebagai sarana untuk mengubah pengikut Anda menjadi pelanggan.


Membungkus


Iklan Instagram, seperti iklan Facebook, akan terus berkembang dan berkembang, membantu pemasar membuat iklan yang lebih baik untuk bisnis mereka. Instagram meluncurkan iklan lead generation dan iklan Instagram Stories beberapa waktu lalu, dan keduanya telah diterima dengan sepenuh hati.


Sekarang, gambaran lengkap tentang pengenalan iklan IGTV belum dipertajam, meskipun merek dilaporkan juga melakukan pemanasan untuk fitur ini. Selain itu, Instagram dilaporkan akan memperkenalkan iklan dalam fitur "Reels" -nya juga, meningkatkan satu jenis format lagi untuk merek beriklan.


Jika Anda ingin menciptakan kehadiran konstan dan memanfaatkan potensi pemasaran Instagram secara efektif, gunakan SocialPilot, alat manajemen media sosial, untuk mengoptimalkan pemasaran media sosial Anda di berbagai platform.

Comments

Popular posts from this blog

Selamat Datang Di Blog Sederhana Ini

Menulis adalah aktivitas yang tak akan bisa ditinggalkan manusia. Menulis bagaikan candu yang setiap saat datang apalagi untuk para penulis,blogger dan pengguna media sosial. Banyak hal dan cerita yang disampaikan ketika tangan bergerak menuliskan susunan huruf-huruf alphabet yang tanpa disadari bisa membentuk sebuah makna yang bisa diartikan luas tanpa batas. Septino Wibowo Banyak orang melampiaskan imajinasi dan apa yang didalam otaknya dengan tulisan begitu juga denganku, aku lebih suka melampiaskannya dengan menulis daripada berbicara karena menurutku setiap tulisan adalah memori. Tulisan bisa tetap dikenang sepanjang masa jika disimpan dengan baik di tempat yang baik pula. Seperti halnya Al-Quran yang begitu sempurnanya didalamnya sampai tak ada tulisan manapun yang dapat meandinginya dan merupakan sumber petunjuk dan solusi kehidupan. Dan aku pun ingin membuat solusi untuk diriku sendiri dan orang lain yang membutuhkan walaupun tak sesempurna Al-Quran tapi aku akan beru